Sejarah Menara Eiffel

 Sejarah Menara Eiffel

Sejarah Menara Eiffel - Bienvenido a París Siapa yang tidak tahu menara Eiffel yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia dan merupakan icon dari kota Paris ini adalah suatu destinasi yang wajib anda para traverler kunjungi. Siapa yang tidak terlena dengan keindahan kota nya yang indah, kebanyakan Orang-orang atau Para pasangan kekasih  mengunjungi paris untuk menghabiskan waktu tempat romantis ini. Nah disini saya akan memberitahukan tentang " Sejarah Menara Eiffel " rasanya tidak komplit bila berkunjuk Paris tanpa mengetauhi  Sejarah Menara Eiffel.


Sejarah Menara Effiel

Paris Francis adalah Kota Romantis yang sangat indah sekali rasanya kurang pas bila ke Paris tanpa mengunjungi icon kota nya paris yaitu Menara Eiffel rasanya belum ke Paris kalau belum ke Menara Eiffel, menara Eiffel atau Orang Francis bilang nya La Tour Efiiel menara tertinggi di paris itu merupakan Landmark paling terkenal di dunia terutama buat para wisatawan lokal dan wisatawan luar.

Jika naik ke menara Eiffel kita pasti kita akan di suguhi dengan panorama kota paris di sana akan beda lagi bila kita melihat panorama kota paris di malam hari, jangan lupa di Taman Champ de Mars take Photo bareng Menara Eiffel. Hehe itu juga buat para traveler yang main kesana, tapi kalu buat admin sendiri sih Tugu Monas di jakarta saja sudah cukup.. :) yah malah jadi curhat nih.. kita lanjut lagi..

Menara Eiffel atau bahasa Francis nya La Tour Efiiel yang terletak di Taman Champ de Mars paris francis ini merupakan sebuah menara besi yang di bangun Arsitek Gustave Eiffel, nama menara eiffel sendiri dinamai sesuai perancang nya Gustave Eiffel dan lebih dari 200 juta Orang pernah mengunjunginya

Bangunan tertinggi di Paris adalah salah satu struktur terkenal di dunia, sayang ya di indonesia monas nya di kalahin sama menara eiffel tapi tenang kan ada candi borobudur hehe loh kok malah jadi kencadi ya?. Menara eiffel dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai Kota Barcelona menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu.

Setelah penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889.

Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 wah bulan nya sama cuman selang 4 hari ma lahirnya admin heehe lanjut, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku kebayang kan banyaknya paku yang di gunakan hihi, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin.

Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali dua platform. Tetapi karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, dan dalam hal ini hanya satu yang meninggal pembangunan yang besar tentu dengan resiko yang besar juga.

Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat paris ketika di bangun, mereka menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris wah sayang sekali ya.

Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah di runtuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa .

Info penting Militer menggunakannya untuk mengatur taktis perang Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.

Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton wah kebayang ya kalo menara ini roboh!! bisa-bisa kita yang di bawah nya ketiban benda seberat itu nah sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin.Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama,setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya dan di bawah ini adalah Biodata  Gustave Eiffel arsitek dari menara Eiffel.

berikut data nya..

Biodata dari Arsitek Gustave Eiffel yang membangun menara Eiffel 

Nama                   : Alexandre Gustavo Eiffel
Warga negara      : Perancis
Tangal lahir      : 13 Desember 1832 - 27 Desember 1923
Tempat lahir      : Dijon, Côte-d'Or, France
Tempat kematian : Rue Rabelais di Paris

Jadi seperti itu kurang lebih ringkasan sejarahnya, semoga artikel ini menambah ilmu bagi anda semua terutama bagi yang belum sempat ke Francis sama kayak admin nya hik.. hik.. hik .. jadi sedih nih tapi mudah mudahan ajah nanti kesampaian buat admin main kesana tolong di bantu n doa nya ya heehe ngarep dikit...:P sekian dari saya semoga artikel nya bermanfaat amiiiinnn...
sumber wikipedia.org
Sejarah Menara Eiffel Sejarah Menara Eiffel Reviewed by faisal on April 01, 2015 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.